Mendidik Anak Agar Patuh Pada Perintah Orangtua



Kabari.com - Seringkali para orangtua dibuat frustasi sewaktu anak-anak mereka sulit sekali dinasihati dan dilarang melakukan sesuatu hal.
Nah, cara berikut ini penting agar anak bisa patuh:
  1. Panggil nama ketika membutuhkan bantuan anak-anak atau sewaktu anda hendak memberikan perintah. Hendaknya tidak usah berteriak atau mengomel dengan tidak jelas. Selain tidak akan menyelesaikan masalah, hal ini tidak akan membuat anak melakukan perintah diberikan. Sebaliknya, kondisi anak-anak malah akan terkejut, takut dan bahkan kesal, bahkan berpura-pura tidak mendengar.
  2. Sebuah teriakan bukanlah cara yang baik mendidik anak. Ada baiknya ketika anda membutuhkan mereka atau hendak memberikan perintah, segera hampiri mereka. Lalu dekati mereka dan katakan jika anda membutuhkan mereka dirumah. Ingatlah jaga citra anak-anak dihadapan teman mereka
  3. Dengarkan anak-anak anda, meski anda memberikan perintah pada anak-anak atau pada saat anda benar-benar membutuhkan mereka, ini bukan berarti anda harus mengabaikan mereka dan tidak mendengarkan keluhannya. Bisa karena mereka capek sepulang sekolah, tidak enak hati atau merasa tidak enak badan.
  4. Kondisikan perintah dengan waktu anak-anak sewaktu anda memberikan perintah. Bila anak-anak terlihat malas melakukannya, jangan terlalu dini menghakimi bahwa anak anda malas dan sulit diberikan perintah. Berikan kesempatan anak untuk beristirahat sejenak.
  5. Tatapan mata anda pada mereka. Sebuah tatapan mata memiliki kekuatan untuk menunjukan sebuah perasaan. Ketika orangtua menatap mata anaknya, maka mereka akan melihat bahwa kita memberikan perhatian, bukannya amarah dan perintah yang telak yang mendikte mereka. Dengan menatap mata anak, mereka akan paham betapa anda membutuhkan mereka dan ingin anak anda memberikan bantuannya. Selain itu, tatapan mata akan membuat anak merasa dipedulikan dan diperhatikan
  6. Bercermin Diri Terkadang orangtua lupa bahwa mereka pun sebenarnya sering ingkar janji entah pada lingkungan atau anak-anak mereka sendiri. Dari semua teori cara mendidik anak, introspeksi diri atau bercermin diri seringkali menjadi hal yang terabaikan. Bagaimana mungkin seorang anak mau mendengarkan perintah orangtua dan patuh pada semua perintahnya, jika orangtua mereka seringkali tidak tegas dan konsisten terhadap ucapannya. Apalagi diperparah dengan sikap orangtua yang seringkali memarahi anak-anaknya atas hal yang sebenarnya sering mereka lakukan sendiri.(**)


Tidak ada komentar