Masker Kopi Berkasiat untuk Kulit


 dikabari.com - Ternyata kopi  tak hanya membuat orang melek, tapi juga sudah terbukti memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.
Si hitam ini memang terbukti memiliki banyak manfaat. Selain kesehatan kulit, kopi juga menurunkan risiko alzheimer, parkinson, kardiovaskular, stroke, dan kanker.

Sebagai nutrisi kulit, kopi yang dicampurkan dengan bahan lain dapat diaplikasikan sebagai eksfoliasi kulit dan masker. Aneka manfaat pun bisa dipetik dari penggunaan kopi sebagai masker.


Ini manfaat kopi sebagai masker, dirangkum dari berbagai sumber.


1. Lawan radikal bebas dan efek buruk sinar UV
Ancaman radikal bebas selalu mengintai kulit. Diperlukan antioksidan demi memberikan pertahanan bagi kulit dari serangan radikal bebas.

Salah satu antioksidan itu terdapat pada biji kopi yang terbukti mampu melindungi kulit.

Tak cuma itu, kopi juga disebut mampu melindungi kulit dari risiko kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

2. Menghaluskan dan mencerahkan
Kandungan antioksidan pada kopi dapat mengembalikan kesegaran kulit. Kopi mampu memainkan peranan penting dalam produksi sel baru.

Dengan kopi, kulit pun terhidrasi, produksi kolagen meningkat, dan membuat kulit lebih elastis.

3. Melancarkan peredaran darah
Kopi dapat meningkatkan peredaran darah pada kulit sehingga kulit terjaga kesehatan dan kesegarannya. 

Untuk memperoleh manfaat ini, kopi tak sekadar dijadikan masker, tapi juga scrub atau untuk membantu proses eksfoliasi.

4. Mengurangi 'mata panda'
Kafein kerap jadi jawaban untuk mengatasi mata panda alias lingkaran hitam di bawah mata. Studi menunjukkan bahwa mengaplikasikan kafein dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit sehingga mampu mendorong darah yang stagnan.

Sebaiknya, aplikasikan kopi pada bagian lingkaran hitam mata di pagi hari. Jika diaplikasikan pada malam hari, ada kemungkinan kafein dapat berpengaruh saat tidur.

5. Mengurangi inflamasi
Kopi memiliki komponen yang berfungsi sebagai antiinflamasi. Fungsi ini diperoleh dari kafein plus komponen antioksidan seperti polifenol dan hidrosinamid.

Saat kulit mengalami peradangan akibat alergi atau jerawat, masker kopi dapat membantu mengurangi rasa tak nyaman dan kemerahan akibat radang.

6. Mengurangi sembap atau bengkak pada mata
Sirkulasi darah yang tak lancar menimbulkan bengkak atau sembap pada mata. Kopi disebut mampu melancarkan sirkulasi darah sekaligus mengurangi mata sembap.

Untuk itu jangan buang ampas kopi. Biarkan ampas kopi mendingin, dan aplikasikan pada bagian bawah mata yang sembap selama beberapa menit lalu bilas. dc8

Tidak ada komentar