Cara Menghindari Sambaran Petir


dikabari.com - Petir banyak terjadi ketika musim hujan datang. Petir adalah gejala alamiah untuk kesetimbangan alam. Petir diciptakan untuk membuang elektron yang berlebih  ke udara sehingga alam mencapai kesetimbangan.

Petir sangat berbahaya jika menyambar kita. Bukan hanya dapat mematikan, petir juga dapat merusak peralatan elektronik jika terkena sambarannya. Kerap  memakan korban jiwa jika  tersambar Petir di Musim Hujan

Berikut adalah beberapa cara menghindari sambaran petir :
  1. Jika melihat petir  atau mendengar gelegar guruh, bergegaslah menuju bangunan yang telah dilindungi oleh penangkal petir.
  2. Jadikan kendaraan mobil Anda sebagai alternatif pengganti bangunan bila tidak ada penangkal petir. Pastikan semua jendela dan pintu tertutup rapat. Hindari menyentuh berbagai perangkat yang terbuat dari logam di dalam mobil.
  3. Bila sedang berada di hutan, berlindunglah di semak yang memiliki pepohonan rendah. Sebab, pohon tinggi cenderung disambar oleh petir.
  4. Bila berada di ruang terbuka, cari tempat yang lebih rendah.
  5. Jika berada di dalam perahu di tengah danau atau laut, bergegaslah untuk menuju daratan secepat mungkin.
  6. Hindari berdiri bergerombol bersama banyak orang jika berada di ruang terbuka. Usahakan Anda membuat jarak antara orang dengan orang sekitar lima meter.
  7. Bila saat berada di luar ruangan rambut Anda tiba-tiba berdiri, itu pertanda petir akan menyambar tubuh Anda. Jika begitu, segeralah melakukan gerakan rukuk atau menekuk badan ke arah depan dan letakkan kedua tangan pada masing-masing lutut kaki.
  8. Hindari berbaring di atas tanah karena sengatan listrik justru menyebar di tanah atau dataran. Cukup jongkok saja, tanpa kedua tangan menyentuh tanah.
  9. Hindari pintu, jendela, peralatan elektronik dan tempat berair bila Anda sedang berada di dalam rumah. Alangkah baiknya jika Anda segera mencabut seluruh kabel yang berhubungan dengan aliran listrik, seperti televisi, radio, handphone, telepon, dan lainnya.
  10.  Matikan ponsel maupun gadget yang Anda bawa dalam saku




Tidak ada komentar