Cara Mengatasi Stress Dalam 5 Menit





kabari.com - Pastinya dalam dunia modern yang penuh dinamika ini, berimbas pada tekanan hidup terasa sedemikian besar. Beragam persoalan pekerjaan, tuntutan rumah tangga, hingga masalah sosial kerap tidak bisa dihindari lagi.
Akibatnya muncul kemungkinan terkena stress yang dipicu oleh beragam masalah yang mengimpit.

Akan tetapi, tidak perlu takut. Tidak perlu melakukan terapi. Bisa dilakukan dalam sehari, bahkan, hanya dalam 5 menit sudah dapat dirasakan dampaknya.

Tidak repot dan tidak sulit, yang penting hanya kemauan dan fokus dalam melakukannya.

1.   Segera Beristirahat dengan Tidur Nyenyak
Sebuah riset yang dilakukan Robert Wood Johnson Foundation dan Harvard School of Public Health pada 2014 menemukan bahwa ada kaitan antara kekurangan tidur dengan stress. Sekitar 70 persen responden yang stress mengaku kesulitan untuk tidur. Tidur yang buruk bisa memicu stress. Sebaliknya stress juga membuat orang susah tidur.

Namun, agar stress tidak berkelanjutan, cobalah untuk tidur. Ini adalah cara mengatasi stress yang ampuh. Setidaknya memejamkan mata sambil menenangkan diri selama kurang lebih lima menit. Kalau sulit melakukannya, Everydayhealth menyarankan agar mengurangi kafein beberapa saat sebelum tidur.

Lalu, persiapkan tempat tidur dengan baik. Buatlah ruangan senyaman mungkin. Bisa dengan membersihkannya terlebih dulu atau mematikan lampu agar kamar menjadi temaram.

2.   Buat Tubuh Bergerak
Disarankan untuk menggerakkan tubuh jika tengah merasakan tekanan hidup. Bisa sekadar berjalan-jalan atau menari. Bisa juga melakukan olahraga kegemaran atau segera menuju gym favorit untuk exercise.

Tidak perlu lama, lima menit pun efeknya sudah terasa. Bergerak terutama dengan melakukan olahraga akan membuat tubuh melepaskan hormon endhorphins. Ini adalah hormon yang dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik.

3.   Santap Makanan Penghilang Stress

Mungkin inilah cara mengatasi stress paling menyenangkan. Ketika merasa terbebani, segera saja santap beberapa makanan yang dipercaya punya kemampuan untuk menghilangkan stress.

Anda dapat memakan cokelat hitam. Makanan ini dapat menurunkan hormon pemicu stress sekaligus menghadirkan rasa senang. Selain itu, cokelat hitam mampu membuat tekanan darah dan kolesterol menurun.

Bisa juga menyantap berbagai hidangan dari bahan-bahan yang kaya Omega-3. Seperti ikan tuna, salmon, atau sarden. Buah alpukat bisa dijadikan opsi lain. Semuanya memiliki kandungan yang dapat menurunkan stress, rasa takut, dan depresi.

Mengonsumsi buah, seperti stroberi, jeruk, dan anggur yang kaya Vitamin C. Juga dapat membantu menghadirkan rasa lega di dalam pikiran.


4.   Matikan Hubungan Dengan Dunia Luar

Kalau stress Anda sudah tidak tertahankan lagi, disarankan untuk mencoba mematikan koneksi dengan dunia luar untuk sejenak. Ini merupakan salah satu cara mengatasi stress yang efektif.
Terkadang beragam faktor eksternal memicu kehadiran stress. Mematikan telepon sementara waktu. Juga untuk tidak mengakses internet atau menggunakan media sosial.
Smartphone punya potensi meningkatkan tingkat stress seseorang. Mematikan televisi juga wajib dilakukan. (berbagai sumber)

Tidak ada komentar