ASPaC Mengemas, Indonesia Berkemas


Penyelenggaraan ASPaC (Asia Students Package Design Competition) Indonesia Awards baru saja rampung di awal November 2018. Para siswa Indonesia telah mengirimkan karyanya untuk ikut serta dalam lomba desain kemasan yang digagas oleh The Japan Foundation dan Japan Package Desain Association (JPDA). 

Diawali hanya dengan peserta dari Korea dan Jepang, lomba desain kemasan yang sudah berlangsung sejak tahun 2012 lalu ini kini diikuti oleh 10 negara di Asia. Indonesia baru ikut sejak tahun 2014.

Bertujuan untuk mengembangkan kemampuan para mahasiswa Asia agar memiliki keahlian di bidang konstruksi dan desain kemasan serta siap terjun di industri desain global, ASPaC menggelar kompetisi desain kemasan per-wilayah negara untuk kemudian diperlombakan lagi di tingkat Asia. 

Melalui kegiatan ini ASPaC bertujuan menghubungkan potensi-potensi di Asia melalui lembaga desain, lembaga pemerintahan di masing-masing negara, para pendidik dan universitas, serta perusahaan-perusahaan terkait secara bersama-sama.

ASPaC Indonesia Awards

ASPaC Indonesia Awards yang ke-4 di tahun 2018 ini menelurkan lebih banyak karya-karya berkualitas dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini tentu tidak lepas dari peran para mentor yang hadir membimbing para peserta mulai dari kegiatan workshop, pengenalan desain kemasan di berbagai kampus di Indonesia, hingga perbaikan mutu ketika karya-karya tersebut berhasil terpilih menjadi finalis yang akan diikutsertakan pada kompetisi final di Tokyo, Jepang. 

Melengkapi kegiatan ASPaC di Indonesia, diselenggarakan pula workshop di berbagai universitas dan juga forum pertemuan antara perusahaan-perusahaan di bidang terkait dan lembaga desain untuk meningkatkan pemahaman dan bertukar wawasan antar perusahaan, pelaku industri desain, mahasiswa, serta lembaga pendidikan.


Tidak ada komentar